Rabu, 20 November 2013

Bikin Eskrim Goreng Sendiri^^

Dari kecil aku memang sangat menyukai eskrim. Setiap kali pergi ke kota (maklum, rumahku kan tidak begitu kota aka diskotik_disisi kota saeutik), aku selalu membeli atau dibelikan eskrim. Aku menyukai segala jenis eskrim, mulai dari es nong-nong (yang didorong seharga @500 perak), es lilin, hingga eskrim yang bermerk, apalagi eskrim gratis di kondangan (aku bisa makan lebih dari 5 cup). Sampai pernah waktu itu acara nikahan sodaraku sendiri, Teh Evi dan A Yusuf, jadi dari pagi aku sudah stand by di dekat stand eskrim. Begitu acara pernikahan dimulai, tanpa makan nasi terlebih dahulu, aku pun langsung melahap eskrim hingga bercup-cup. Alhasil menjelang siang sebelum acaranya selesai, perutku pun sakit tak  tertahankan. Dan aku pulang tanpa bisa melanjutkannya. Huhu, salah strategi pikirku. Tapi tak apa, hal itu telah menjadi pelajaran berharga buatku, #jangan banyak makan eskrim terlalu banyak dalam keadaan perut kosong.        

Ketika SMA, salah seorang temanku yang mengetahui kalau aku adalah penggila eskrim, mengajakku pergi ke suatu kedai yang menjual aneka menu variasi eskrim, sebut saja kedai eskrim (memang namanya kedai eskrim ko). Dari situlah aku baru tau dan mencoba yang namanya eskrim goreng. Ternyata rasanya hmmm yummmi. Waktu itu harganya hanya Rp. 3000,00 per porsi (murah yak?)

Ketika aku kuliah diluar kota, sebut saja IPB Bogor (memang kuliah disitu ko), ternyata ada juga yang menjual eskrim goreng. Tapi seiring perkembangan zaman, harganya pun ikut berkembang, yaitu mulai dari Rp.5000,00 (dengan bentuk dan komposisi yang minimalis, adanya dijual di dekat kampus waktu aku masih tingkat 1, sekarang sepertinya sudah tidak ada), hingga Rp. 12000,00 (yang standar) dan bisa lebih dari itu (yang maksimalis). Karena itulah, aku mencoba untuk membuat eskrim goreng sendiri. Dan ternyata berhasil! Sennangnyaa, jadi bisa makan eskrim goreng kapan saja dengan biaya yang lebih ekonomis. Mau tau cara bikinnya? Berikut resepnya.



Alat dan bahan:
Eskrim apa saja sesuai selera
Roti tawar, bisa yang berbentuk persegi atau lingkaran
Tepung roti secukupnya
Telur secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Alumunium foil untuk membungkus roti
Topping, bisa apa saja

Cara membuat:
1.     Letakkan eskrim, kurang lebih 2 sdm penuh atau sesuai selera, ke tengah-tengah roti tawar, lalu lipat roti dan bungkus dengan alumunium foil.
2.     Masukkan ke dalam freezer hingga beku (biasanya 1 hari cukup. Lebih lama, lebih beku, lebih bagus. Tapi ingat waktu kadaluarsa roti tawar biasanya tidak lama, hanya beberapa hari saja)
3.     Ambil roti berisi eskrim yang sudah dibekukan, masukkan kedalam telur yang sudah dikocok, lalu gulingkan diatas tepung roti.
4.     Panaskan minyak, lalu goreng roti hingga kecokelatan dan angkat.
5.     Tambahkan topping, dan eskrim goreng pun siap dihidangkan.

Tips:
1.     Segera santap eskrim goreng sebelum, eskrim didalam rotinya mencair.
2.     Ketika menggoreng, pastikan minyak sudah panas, dan api dalam keadaan kecil saja. Ketika warna roti sudah berubah, segera angkat, karena roti akan cepat matang (hingga warnanya berubah kecokelatan, waktu menggoreng hanya dalam hitungan detik saja).
3.     Topping bisa berupa apa saja: parutan keju, parutan coklat blok, messes, choco chips, saus/selai rasa coklat, strawberi, bluberi dan rasa lainnya, wafer coklat, roll coklat seperti chocolatos/astor, biscuit coklat seperti oreo, buah-buahan, dan lain-lain sesuai kreasi dan selera masing-masing.


Selamat mencoba dan menikmatinya^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar