Senin, 02 Desember 2013

Tips Menghilangkan Kutu Rambut

Siapa yang rambutnya berkutu hayo? Ihh, jijik ya, tapi pada kenyataannya, gak sedikit orang yang rambutnya berkutu lo, terutama anak kecil (termasuk ade gw, dan gw, itu dulu). Yups, hewan sejenis artropoda ini emang sulit diberantas dan mudah menyebar. Kutu rambut berkembang biak dalam kurun waktu seminggu saja, dari mulai berbentuk telur hingga kutu dewasa. Pantas saja semua orang bisa mudah diserang oleh hewan kecil ini. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut, mulai dari menggunakan obat kutu rambut, misalnya peditok (tapi cara ini bisa membuat rambut berwarna kemerahan), sampai dengan menggunakan lotion anti nyamuk juga bisa lo, yang penting bikin kutu mabok dan terkapar, sehingga kutu akan hilang terbawa bilasan air ketika keramas. Atau bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun (Olea europaea). Buah ini berasal dari Mediterania, Asia dan Afrika, dengan tinggi pohon mencapai 8-11 m, batang pohon yang gemuk, buahnya berbiji banyak, dan ukurannya kecil-kecil sekitar 1-2,5 cm saja.  Dalam setiap satu liter minyak zaitun terdapat 200-800 ml polifenol, yaitu antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah ini mengandung vit E dosis tinggi, vit A, vit K, juga antioksidan lain, seperti phylosterol, flavonoid, dan senyawa phenolic. Menurut sejumlah penelitian, dalam minyak zaitun pun terkandung lemak berantai tunggal seperti yang terkandung dalam air susu ibu, sehingga minyak ini baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun untuk memasak. Oleh karena itu pula minyak ini baik untuk penderita obesitas, diabetes dan bisa  mengobati penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah dan hipertensi.

Nah bagaimana dengan obat kutu rambut? Minyak ini bisa langsung dioleskan ke rambut dan kulit kepala. Dalam waktu beberapa jam, kutu rambut akan mati dan rambut pun akan terbebas dari kutu rambut sehingga takkan ada lagi gangguan rasa gatal yang berasal dari kutu rambut. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!^^

Disunting dari:

Aisah, Siti. 2013. Minyak Zaitu, Obat Kutu Rambut. Koran PR 27 Oktober 2013. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar